That’s Only a Choice, NO BOTH

 

I’m confuse.

 

Nggak kerasa udah kelas XI, taon depan udah kelas XII, trus kuliah.

Ngomong2 soal kuliah, kemaren abis aja ngeliat expo yg diadain sekolah. Univnya sih keren-keren, tapi bikin pusing. Selain karena stand Univnya yg emang banyaknya sampe bikin mata jereng, Tuition Fees fakultas2nya lah yang bikin shock.

Itungannya pake dollar, sampe-sampe, itungan di kalkulatorku jadi exponent. Simplenya, NGGAK ADA KULIAH YANG NGGAK MAHAL.

Faktor lain yang bikin vertigoku kambuh begitu mikirin soal kuliah, yaitu AKU MUSTI MILIH YANG MANA?

First choice, dari kelas sepuluh aku pengen banget jadi interior desainer dan aku mutusin bakal masuk Ciputra. Tapi seiring dengan berjalannya waktu, aku mikir-mikir, Ciputra ada scholarship-nya nggak ya? Kos2an deket nggak ya?

Terus kemarin waktu kemarin aku nanya2 di expo, ternyata buat masuk Ciputra bisa lewat jalur prestasi sama yang panggilan. Trus waktu liat daftar Tuition Feesnya, nggak semahal yang aku kira.

Well, boleh lah. Aku pikir, boleh lah buat direkomendasiin ke ortu.

Lama-lama, aku juga mikir, kalo udah lulus S1 Interior Architecture, nyari kerja gampang nggak ya?

Jujur, aku nyari universitas yang bisa menjamin lebih dari 99% aku bisa langsung kerja begitu selesai KKN.

And then, hari kedua aku liat-liat expo lagi dan aku terdampar di stand SHML (Swiss College of Hospitality Management). Udah jelas di awalan Univnya punya Swiss, pasti ujung2nya sekolah di luar negeri. Sempet langsung down waktu dapet fakta kayak gitu, tapi koko2–mirip–sm*sh yang dengan baeknya ngejelasin dari A sampe Z itu bilang, kalo tahun ini SMHL bakal ngadain program Short-Study.

Jadi ceritanya, SMHL kerja sama dengan Swissbell hotel di Indo. Sistem pembelajarannya 2 tahun dan begitu lulus dijamin 100% udah pasti direkrut kerja, soalnya, dari awal pembelajaran udah praktek di hotel yg kerja sama ini sekolah.

2 tahun, tahun pertama di Indo, tahun ke-2 di Swiss. Aku pikir sih nggak masalah, soalnya waktu aku tanya lagi, biayanya sama sekali nggak bikin nyekik. Bukan maksud nyombong, tapi dibanding masuk UPH, biaya SMHL jauh lebih murah. Dengan jumlah segitu, udah termasuk tinggal, makan, dan tete-bengek selama di Swiss. Dan setelah kelas XI ini kelar, aku udah bisa daftarin diri ke Univ itu. Jadi, kalo dipikir-pikir, pas nanti temen-temen seumuranku masih pada mikir mau masuk Univ mana, aku udah lulus dengan gelar Diploma bahkan udah kerja.

Nice, huh? Aku juga udah manteb banget masuk ke sini. Apalagi persyaratannya cuma IELTS minimal 3.5. Nggak susah kan?

Permasalahannya, IELTS emang nggak tinggi-tinggi amat. Tapi di Swiss itu, kita tau, mother tounge mereka bukan Inggris.

Kedua, waktu aku nge-rekomendasiin Univ ini ke ortu, ortu lagi-lagi nunjukkin kalo mereka nggak rela aku sekolah di luar negeri.

Walhasil, mereka malah nge-rekomendasiin aku buat masuk IHS di Solo. Sama2 sekolah perhotelan dan juga luar negeri punya. Lulus sekolah juga udah kerja. Sekolahnya emang agak lebih lama, 3-4 tahun, dan baru bisa masuk setelah lulus kelas XII. Bagi aku sih, masuk setelah kelas XI maupun XII sih nggak masalah. At least abis gitu udah bisa dapet kerja dengan gaji yang besar. Biayanya juga lebih murah dibanding SMHL.

Aku juga udah mikirin Univ ini, dan masuk ke list pilihan Univ aku.

Tapi sampe detik ini, aku bener-bener masih bingung, masuk Ciputra, SMHL, atau IHS?

Ketiga-tiganya sama2 bagus dan sama2 menjamin kerja.

Galau.

Wkwkwkwkwkwk

Ya udah deh, mendingang kelas XI ini aku do the best biar dapet beasiswa. Buat nilai rapot sebaik-baiknya, bahkan kalo perlu 100 semua *am I that really genius?* wkwkwk

I must to STUDY HARD!!!

Kalian juga pada belajar yang giat ya temen-temen. Punya nilai bagus itu enak, mau masuk ke mana aja gampang. Jiayo, Pals! Semangat! Semangat!

Tuh, liat. Siwon juga belajar. Udah, anggep aja kalian belajarnya ditemenin Siwon. hahahaha

Ganbatte, Pals!

XOXO,

C

2 thoughts on “That’s Only a Choice, NO BOTH

Leave a Reply

